Posted on

PELAJARAN BERHARGA

Putra, seorang bocah berusia 10 tahun, sedang berlibur ke rumah neneknya di sebuah kampung di luar kota. Ditemani ayah dan ibunya mereka menginap selama seminggu. Kunjungan itu menyenangkan hati si Nenek yang selama ini hidup seorang diri, kakek telah meninggal 10 tahun yang lalu.

Putra selalu meminta kepada ayah dan ibunya agar nenek tinggal bersama dengan mereka di kota. Namun begitu mereka menyampaikannya kepada nenek, selalu saja usul itu ditolaknya karena ia tidak mau meninggalkan rumah, kebun dan benda-benda peninggalan kakek.

Suatu hari Putra menemukan sarang burung yang jatuh dari dahan pohon kelapa, di dalamnya ia menemukan anak burung yang belum lagi berbulu dan mencicit seperti kelaparan. Putra segera membawa anak burung itu ke rumah, untuk di beri makan dan menghangatkan anak burung yang gemetar kedinginan itu.

Putra merawat anak burung itu dengan harapan akan dibawa ke kota untuk dipelihara. Pagi, siang, sore dan malam ia selalu memperhatikan anak burung yang diberi nama Cinta. Anak itu terlihat bergembira dalam merawat Cinta, orangtua dan neneknya ikut merasa senang melihatnya.
Pada hari ke lima, di pagi hari Putra tidak menemukan Cinta di sarangnya, “Kemanakah Cinta? Apakah ia telah bisa terbang dan melupakan aku yang merawatnya?” Benaknya bertanya-tanya, kesedihan menimpa jiwanya.

Ia murung, tak mau makan, tak gembira lagi. Orangtuanya membujuk dengan janji akan membelikan burung yang lain, tapi ditolaknya karena yang ia mau hanya Cinta yang telah dirawatnya dengan penuh kasih sayang.
Neneknyalah yang mampu membuka pikiran sang cucu, dengan menyatakan bahwa sudah kodratnya Cinta untuk terbang dan bila menyayanginya maka lepaskanlah Cinta dan bukanlah hidupnya bila di dalam sangkar tapi di alam bebas.

Putra mendapatkan pelajaran berharga selama liburan di rumah neneknya kali ini.
19 Juli 2003
21:12 wib

Iklan

Tuliskan Responmu

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s